Pemanfaatan Artificial Intelligence dalam Pembelajaran Ekonomi di Perguruan Tinggi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bentuk pemanfaatan, manfaat, serta tantangan implementasi Artificial Intelligence (AI) dalam pembelajaran ekonomi di perguruan tinggi. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan menelaah berbagai publikasi ilmiah nasional dan internasional terbitan tahun 2020–2025 yang bersifat open access dan relevan dengan topik. Hasil kajian menunjukkan bahwa AI digunakan dalam bentuk tutor virtual, chatbot pendidikan, dan sistem pembelajaran adaptif yang secara signifikan meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran. AI membantu mempercepat pemahaman konsep ekonomi, memberikan umpan balik secara instan, dan mengurangi beban administratif dosen. Namun demikian, pemanfaatan AI juga menghadapi sejumlah tantangan, seperti keterbatasan infrastruktur, rendahnya kesiapan SDM, risiko bias algoritmik, serta lemahnya perlindungan data pribadi mahasiswa. Oleh karena itu, dibutuhkan dukungan kebijakan yang komprehensif dan etis serta peningkatan kapasitas institusi untuk memastikan pemanfaatan AI dalam pendidikan ekonomi berjalan secara optimal, inklusif, dan berkelanjutan.
Kata kunci: Adaptive Learning, Artificial Intelligence, Chatbot, Etika Digital, Pembelajaran Ekonomi, Pendidikan Tinggi
Full Text:
PDFReferences
Baillifard, A., Gabella, M., Lavenex, P. B., & Martarelli, C. S. (2023). Implementing Learning Principles with a Personal AI Tutor: A Case Study. Journal of Educational Technology & Society, 26(2), 1–17.
Goel, A. K., & Polepeddi, L. (2016). A Virtual Teaching Assistant for Online Education. Georgia Tech Library, 1–20.
Huang, A. Y. Q., Lu, O. H. T., & Yang, S. J. H. (2023). Effects of artificial Intelligence–Enabled personalized recommendations on learners’ learning engagement, motivation, and outcomes in a flipped classroom. Computers and Education, 194
Kotsis, K. T. (2025). Issues between Artificial Intelligence and Personal Data in Education. International Research in Education, 13(1), 45–65. https://doi.org/10.5296/ire.v13i1.22850
Langove, S. A., & Khan, A. (2024). Automated Grading and Feedback Systems : Reducing Teacher Workload and Improving Student Performance. Journal of Asian Development Studies, 13(4), 202–212.
Qu, N., & Wang, Q. (2023). A Study on the Reform and Innovation of College Economics Courses Based on Artificial Intelligence Technology. Journal of Theory and Practice of Contemporary Education, 3(11), 1–9. https://doi.org/10.53469/jtpce.2023.03(11).01
Raza, M. (2024). AI in Education : Balancing Benefits and Challenges Through Professional Development of Teachers. Qlantic Journal of Social Science, 5(4), 168–174. https://doi.org/10.55737/qjss.v-iv.24071
Saputra, I., Astuti, M., Sayuti, M., & Kusumastuti, D. (2023). Integration of Artificial Intelligence in Education: Opportunities, Challenges, Threats and Obstacles. A Literature Review. The Indonesian Journal of Computer Science, 12(4), 1590–1600. https://doi.org/10.33022/ijcs.v12i4.3266
Saugadi, S., Nuralan, S., & Ikbal, I. (2025). Transformasi Pendidikan di Era Artificial Intelligence (AI). Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 7(1), 107–111.
Sianturi, L., Sagala, K. I., & Sipayung, G. (2025). Pengaruh Penggunaan Artificial Intelligence ( AI ) Dan Jaringan Internet Kampus Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Prodi Manajemen di Universitas HKBP Nommensen Medan. Jurnal Media Informatika (JUMIN), 6(2), 1395–1400.
Weegar, R., & Idestam-Almquist, P. (2024). Reducing Workload in Short Answer Grading Using Machine Learning. International Journal of Artificial Intelligence in Education, 34(2), 247–273. https://doi.org/10.1007/s40593-022-00322-1
Yahya, S. N., Aurelia, A., Rahmatillah, F., Waruwu, S. Y., & Amelia, N. (2024). Pemanfaatan AI sebagai Media Pembelajaran dalam Pendidikan Ekonomi. Jurnal Disrupsi Bisnin, 7(6), 823–830.
Zawacki-Richter, O., Marín, V. I., Bond, M., & Gouverneur, F. (2019). Systematic Review of Research on Artificial Intelligence Applications in Higher Education – Where are the Educators? International Journal of Educational Technology in Higher Education, 16(1), 1–27. https://doi.org/10.1186/s41239-019-0171-0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Galuh Sandi, Meyta Pritandhari, Suroto Suroto, Nurdin Nurdin, Yon Rizal
Address:
Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1
Bandar Lampung City 35141