Penggunaan Sumber Belajar Ensiklopedia “Identitas Nasional” Terhadap Pemahaman Peserta Didik di SMP Negeri 9 Metro

Bernilia Febrianti, Hermi Yanzi, Nurhayati Nurhayati, Yunisca Nurmalisa, Devi Sutrisno Putri

Abstract


Tujuan dilaksanakannya penelitian adalah guna mengetahui pengaruh Penggunaan Sumber Belajar Ensiklopedia “Identitas Nasional” Terhadap Pemahaman Peserta Didik Di SMP Negeri 9 Metro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasy eksperimen dengan penedekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 9 Metro. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-4 sebagai kelas eksperimen yang memiliki jumlah 31 peserta didik dan kelas VII-6 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 31 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yakni dengan menggunakan tes, angket dan wawancara. Berdasarkan hasil perhitungan uji Independent Samples Test yang digunakan dalam penelitian ini dihasilkan bahwa terdapat pengaruh adanya penggunaan sumber belajar ensiklopedia “identitas nasional” terhadap pemahaman peserta didik kelas VII di SMP Negeri 9 Metro dan berdasarkan uji N-Gain Score mempunyai efektifitas sebesar 52% Peserta didik pada kelas eksperimen yang menggunakan sumber belajar ensiklopedia “identitas nasional” memiliki pemahaman yang lebih meningkat dalam pembelajaran di kelas. Peserta didik lebih antusias, tertarik dan memiliki perhatian yang lebih untuk membaca,mempelajari, memahami, serta memiliki keinginan untuk mempunyai buku ensiklopedia tersebut.

Kata Kunci: Sumber Belajar, Ensiklopedia, Identitas Nasional, Pemahaman.

Doi: https://doi.org/10.23960/JIPS/v6i1.16-22

 

Full Text:

PDF

References


Candra, D., Haris, R., & Eka, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII pada Materi Pesawat Sederhana. Variabel, 2(1), 31–34.

Devi, R. S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Ensiklopedia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muatan IPA Siswa Kelas V SD Negeri 05 Beji Pemalang. Fakultas Ilmu Pendidikan. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Khasanah, S. N. (2015). Kajian isi, Bahasa, dan Keterbacaan Buku Teks Kurikulum 2013 Pelajaran Bahasa Indonesia SMA Kelas X. (Guru MAN Wonosobo, Kabupaten Wonosobo: Jawa Tengah).

Nuraida, D., & Nisa, U. M. (2017). Pengembangan ensiklopedia morfologi, anatomi dan fisiologi pada tumbuhan berkarakter khusus. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 14, No. 1, pp. 503-507).

Nurdiansyah, E., El Faisal, E., & Sulkipani, S. (2021). Pengembangan ensiklopedia identitas nasional berbasis kearifan lokal. Jurnal Civic Hukum, 6(2).

Prawira, P. A. (2012). Psikologi Pendidikan Dalam Prespektif Baru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Pusat Perbukuan. (2005). Pedoman Penilaian Buku Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Rismawati, E., Widodo, M., & Agustina, E. S. (2015). Kelayakan penyajian buku teks mahir berbahasa indonesia kelas vii smp/mts kurikulum 2013. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), 3(5), 1-10.

Rochim, F. N., Munawaroh, F., Wulandari, A. Y. R., & Ahied, M. (2019). Identifikasi Profil Miskonsepsi Siswa Pada Materi Cahaya Menggunakfan Metode Four Tier Test Dengan Certainty of Response Index (Cri). Natural Science Education Research (NSER), 2(2), 140-149.

ZS, S. F. R. (2015). Pengembangan ensiklopedia kimia unsur berbasis integrasi islam sains sebagai sumber belajar peserta didik sma/ma kelas xii (Doctoral dissertation, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Bernilia Febrianti, Hermi Yanzi, Nurhayati Nurhayati, Yunisca Nurmalisa, devi Sutrisno Putri

Address:

Building N FKIP University of Lampung

Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1

Bandar Lampung City 35141