Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Kemampuan Menulis Karya Tulis Ilmiah Pada Mahasiswa PPKn FKIP Universitas Lampung
Abstract
Keyakinan akan kemampuan diri (efikasi diri) yang baik dalam menulis karya ilmiah membuat mahasiswa yakin akan mampu menghasilkan karya ilmiah yang baik dan berkualitas. Hal ini karena efikasi diri dapat memengaruhi motivasi, usaha, dan ketekunan dalam melakukan penelitian yang mendalam, mengumpulkan data yang relevan, dan menyusun argumen yang kuat. Penelitian ini memiliki tujuan untuk meneliti pengaruh efikasi diri terhadap kemampuan menulis karya ilmiah pada mahasiswa PPKn Universitas Lampung Tahun Akademik 2022/2023. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini berjumlah 70 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dengan didukung wawancara.. Berdasarkan perhitungan statistik dengan rumus regresi linear sederhana diperoleh nilai signifikansi 0.000 <0.05 sehingga dapat diartikan Ho ditolak dan H1 diterima. Besarnya pengaruh efikasi diri terhadap kemampuan menulis karya ilmiah dilihat berdasarkan dari nilai r square sebesar 0,628.
Kata Kunci: Efikasi Diri,Karya Ilmiah,Mahasiswa PPKn
Full Text:
PDFReferences
Abi Pawitri, N. M., & Widiasavitri, P. N. (2019). Peran efikasi diri dan motivasi berprestasi terhadap kecenderungan kreativitas dalam menulis karya ilmiah pada siswa SMA yang menjadi anggota kelompok ilmiah remaja (KIR) di Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 140–152
Apriyanto, W., Yanzi, H.& Nurmalisa, Y. (2015). Pengaruh Kegiatan Organisasi Kesiswaan Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) Terhadap Pembentukkan Sikap Ilmiah Siswa SMA Peminatan MIPA. Jurnal Pro Life, 4(3), 441-445
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
Bandura, A. (1995). Self-efficacy In Changing Societies. New York: Cambrige University Press.
Bandura,A. (1997). Self Efficacy The Exercise of Control. New York: W.H. Freeman and Company
Efendi, R. (2013). Self Efficacy: Studi Indigeneous Pada Guru Bersuku Jawa. Journal of Social and Industrial Psychology, 2(2), 61–67.
Fitriyah, L. A., Wijayadi, A. W., Manasikana, O. A., & Hayati, N. (2019). Menanamkan Efikasi Diri dan Kestabilan Emosi (Jombang). LPPM UNHASY Tebuireng Jombang.
Garaika. (2019). Metodologi Penelitian. Lampung: CV Hira Tech.
Hartono, Ruseno.A, Kurniawan. Y.N, I. A. M. (2019). Permasalahan Dosen Dalam Menulis Bahasa Inggris Akademik dan Model Pengembangannya. Semarang: Unissula Press
Hasanah, U., Rachmani, N., & Rosyida, I. (2019). Self- Efficacy Siswa SMP Pada Pembelajaran Model Learning Cycle 7E (Elicit , Engange , Explore, Explain , Elaborate , Evaluate , and Extend). Prosiding Seminar Nasional Matematika (PRISMA), 2, 551–555.
Heriyudanta, M. (2021). Analisis Kompetensi Menulis Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa di Indonesia. Islamic Science, Culture, and Social Studies, 1(1), 61–71.
Mansyur, U. (2018). Korelasi Minat Baca dengan Kemampuan Menulis Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia UMI. Multilingual, 17(1), 10–23.
Nugroho. (2011). Buku Ajar Obstetri. Yogyakarta: Nuha Medika
Rosmiati, A. (2017). Dasar-dasar Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: ISI Press.
Zulmiyetri, Nurhastuti, & Safaruddin. (2019). Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta: Prenadamedia Group.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Putri Retno Sari, Yunisca Nurmalisa, Susilo Susilo, Berchah Pitoewas, Nurhayati Nurhayati
Address:
Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1
Bandar Lampung City 35141