Pelatihan Pembuatan dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif untuk Mendukung deeplearning Bagi Guru-Guru Se-Kecamatan Selagai Lingga Kabupaten Lampung Tengah

Cheri Saputra, Yon Rizal, Albet Maydiantoro, Widya Hestiningtyas

Abstract


Pembelajaran interaktif merupakan proses pembelajaran interaksi baik antara guru dan siswa, siswa dengan siswa atau antara siswa dengan lingkungannya. Melalui proses interaksi memungkin kemampuan siswa akan berkembang mental maupun intelektual, sehingga para guru diharapkan mampu menciptakan sebuah inovasi tentang pembelajaran yang interaktif termasuk memanfaatkan berbagai macam media pembelajaran yang mengarah kepada keaktivan siswa.

Tujuan dari diaksanakan pengabdian ini adalah untuk memfasilitasi para guru yang ada agar memaksimalakan perannya sebagai pemimpin pembelajaran dalam implementasi kurikulum merdeka di sekolah. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode ceramah dengan melakukan pendampingan langsung dan praktik kepada para guru yang ada, hasil pengabdian ini bahwa secara keseluruhan, kegiatan “Pelatihan Pembuatan dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif untuk Mendukung Deep Learning bagi Guru-Guru se-Kecamatan Selagai Lingga Kabupaten Lampung Tengah” telah terlaksana dengan efektif, produktif, dan berdampak positif. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman, keterampilan, dan sikap guru terhadap penggunaan media interaktif.

Keberhasilan pelatihan media pembelajaran interkatif ini meningkat persentase keberhasilannya dari 70% menjadi 90% pada aspek pemahaman konsep media interaktif, kemudian dari 60% menjadi 82% pada aspek keterampilan membuat media interaktif, lalu dari 58% menjadi 90% pada aspek sikap positif terhadap tekonologi, kemudian pada aspek keterlibatan siswa dari 60% menjadi 88% dan pembelajaran berbasis deeplearning dari 55% menjadi 87%. Dengan meningkatnya kemampuan guru untuk merancang pembelajaran berbasis deep learning, diharapkan kualitas proses belajar mengajar di sekolah-sekolah di Kecamatan Selagai Lingga dapat terus berkembang, menciptakan siswa yang berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif sesuai dengan tuntutan pendidikan abad ke-21.


Full Text:

PDF

References


Amiri, Z., Heidari, A., Navimipour, N. J., Unal, M., & Mousavi, A. (2023). Adventures in data analysis: A systematic review of Deep Learning techniques for pattern recognition in cyber-physical-social systems. Multimedia Tools and Applications, 1-65.

Andriana, A, A Ana, Heni Puspita, and I K E Yuni Wulandari. (2021). “Analysis of distributed deep-learning based digital learning media using thin client devices for inclusion vocational school students.” Journal of Engineering Science and Technology . 16(1): 85–91.

Arsyad, Azhar. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Diponegoro, M. H., Kusumawardani, S. S., & Hidayah, I. (2021). Tinjauan pustaka sistematis: implementasi metode deep learning pada prediksi kinerja murid. Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi| Vol, 10(2)

Fajrul Emil dan Gushelmki, dasar-dasar deep learning dan contoh aplikasinya. Sumatra Barat: CV. Mitra Cendikia Medis, 2022.

Fazi, M. Beatrice. (2021). “Beyond Human: Deep Learning, Explainability and Representation.” Theory, Culture and Society 38(7–8): 55–77

Sharma, Y., Sijariya, R., & Gupta, P. (2023). How Deep Learning Can Help in Regulating the Subscription Economy to Ensure Sustainable Consumption and Production Patterns (12th Goal of SDGs). In Deep Learning Technologies for the Sustainable Development Goals: Issues and Solutions in the Post-COVID Era (pp. 1-20). Singapore: Springer Nature Singapore

Sanusi, S., Suprapto, E., & Apriandi, D. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Pokok Bahasan Dimensi Tiga Di Sekolah Menengah Atas (SMA). JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 3(2).

Sapriyah , 2019, Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Sumilat, J. M. (2018). Pemanfaatan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SD Negeri 2 Tataaran. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 40-46. Wulandari, S. (2020).

Media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan minat siswa belajar matematika di smp 1 bukit sundi. Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Â