PENGARUH KAPABILITAS PARTAI POLITIK DAN CITRA KANDIDAT TERHADAP SIKAP PERILAKU PEMILIH

Dwi Handayani, Irawan Suntoro, Yunisca Nurmalisa

Abstract


The purpose of this study was to describe and analyze the influence of political parties capability and candidates’ image on the voters’ attitude behavior in legislative elections in Margodadi village, Tumijajar district, West Tulang Bawang Regency 2014. The method used in this research was quantitative descriptive. The independent variable in this study were the capability of a political party (X1), and the image of the candidate (X2), while the dependent variable was the attitude of voting behavior (Y). The subjects of this study was the community that numbered 97 people. Data collection techniques used in this study was questionnaire and simple correlation regression analysis with simple linear regression formula. Based on the research that had been done it could be seen that there was a significant influence of political parties and image capabilities candidate against behavioral attitudes.

Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis Pengaruh kapabilitas partai politik dan citra kandidat terhadap sikap perilaku pemilih dalam pemilu legislatif di Desa Margodadi Kecamatan Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat tahun 2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif.  Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kapabilitas partai politik (X1), dan citra kandidat (X2), sedangkan variabel terikat adalah sikap perilaku pemilih (Y). Subyek penelitian ini adalah masyarakat yang berjumlah 97 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini angket dan analisis regresi korelasi sederhana dengan rumus regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh signifikan kapabilitas partai politik dan citra kandidat terhadap sikap perilaku.

 Kata kunci : citra kandidat, kapabilitas partai politik, sikap perilaku pemilih


Full Text:

PDF

References


Azwar, Saiffudin. 2013. Sikap Manusia Teori Dan Pengkurannya. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Arifin, Anwar. 2014. Politik Pencitraan Pencitraan Politik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Baker, and Sinkula, William.E. James.M. 2005. Market Orientation And The New Product Paradox. Journal Product Development And Manajement Association vol. 22. No. 6PP. 483 502.

Beetham, David and Boyle Kevin. 1994. Introduction Democracy: 80 Questions and Aswers, alih bahasa demokrasi:80Tanya-jawab. Yogyakarta: Kanisius.

Budiarjo, Miriam. 2009. Dasar-dasar Ilmu Politik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Firmanzah. 2010. Marketing Politik. Jakarta: Yayasan Obor.

Mahendra, A.A.Oka. 2005. Pemilu Pilkada 2005 Pilkada Ditengan Konflik Horizontal. Jakarta: Milenium Publisher.

Marzuki, Alie. 2013. Pemasaran Politik Era Multipartai. Jakarta: Ekspose PT Mizan Publika.

Nimmo, Dan. 2006. Komunikasi Politik (Komunikator, Pesan dan Media). Bandung: Remadja Posdakarya.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2008 tentang partai politik. Bandung : Fokus Media.

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 tentang Pemilihan Umum. Bandung: Fokus Media.

Wahab, Aziz, Abdul dan Sapriya. 2011. Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaran. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.