PENGARUH PEMBERITAAN MEDIA MASSA DALAM GEJOLAK POLITIK TERHADAP PEMBENTUKAN SIKAP PEMILIH PEMULA
Abstract
This research is intended to investigate and explain the influence of the mass media in the flaming political of the beginner voters attitude formation. The method used in this research is a descriptive survey method with a quantitative approach and the correlation analysis techniques. The main technique in data collection is using questionnaire technique. Based on the research and analysis of the data showed : variable mass media in flaming political can be seen that out of 94 respondents have an influence of the mass media in the flaming political on 73,40%. The mass media with the value of actuality, factual, interesting and important that influence the attitude of the beginner voters of affective, cognitive and conative.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh pemberitaan media massa dalam gejolak politik terhadap pembentukan sikap pemilih pemula. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif survey dengan pendekatan kuantitatif dan dengan teknik analisis korelasi. Teknik pokok dalam pengumpulan data menggunakan teknik angket. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukan: pemberitaan media massa dalam gejolak politik dari 94 responden ada pengaruh terhadap pembentukan sikap pemilih pemula sebesar 73,40%. pemberitaan media massa dengan nilai aktualitas, faktual, menarik dan penting yang mempengaruhi sikap pemilih pemula dalam sikap afektif, kognitif dan konatif.
Kata kunci: Â gejolak politik, media massa, pemilih pemula
Full Text:
PDFReferences
Ardianto, 2007.Kominikasi Massa. Jakarta: Simbiosa Rekatama.
Azwar, Saiffudin. 2013. Sikap manusia teori dan pengkurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kusumaningrat, Purnama. 2005. Jurnalistik teori dan Praktik. Jakarta: Rosdakarya.
Rachmah, Henry. 2012. Komunikasi politik media dan demokrasi. Jakarta: Kencana prenada media group.
Romli. 2003. Jurnalistik Terapan. Jakarta: Panitia Pusat PWI.
Suhandang, Kustadi. 2012. Seputar Organisasi Produk dan Kode Etik.Jakarta: Nuansa Cempaka.
Tamburaka, Apriadi. 2013. Literasi media. Jakarta: PT Raja grafindo Persada.
Refbacks
- There are currently no refbacks.