PENGARUH KEGIATAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMKN 01 NATAR

Maharani Permata Ferry, Hermi Yanzi, Nurhayati Nurhayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) bertema Market Day terhadap keterampilan sosial peserta didik kelas XI di SMKN 01 Natar. Metode penelitian yang digunakan adalah ex post facto dengan pendekatan kuantitatif, dengan subjek sebanyak 33 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  kegiatan P5 memberikan kontribusi terhadap peningkatan keterampilan sosial peserta didik, khususnya dalam aspek komunikasi, kerja sama, dan interaksi sosial. Melalui aktivitas jual beli dan kolaborasi kelompok, peserta didik memperoleh pengalaman belajar kontekstual yang menumbuhkan sikap saling menghargai dan kemampuan bekerja sama. Temuan penelitian juga memperlihatkan bahwa indikator keterampilan sosial tertinggi terdapat pada aspek kerja sama, sedangkan indikator terendah terdapat pada aspek empati. Dengan demikian, kegiatan P5 tidak hanya membekali peserta didik keterampilan wirausaha, tetapi juga berperan dalam menumbuhkan karakter sosial yang selaras dengan nilai-nilai Pancasila.

Kata Kunci: Keterampilan Sosial; Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila; Market Day.


Full Text:

PDF

References


Anas, M., & Sapri. (2022). Proses komunikasi dalam pembelajaran. Jakarta: CV Media Edukasi.

Budiono, & Abdurrohim. (2020). Indikator keterampilan komunikasi dalam pembelajaran. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2), 45–53.

Dewi, S., et al. (2021). Komunikasi efektif antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran daring. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 9(3), 155–163.

Ina Magdalena. (2021). Faktor keluarga dan sekolah dalam membentuk keterampilan komunikasi siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2), 121–132.

Kinasih, D. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi interpersonal siswa. Jurnal Psikologi dan Pendidikan, 10(1), 23–31.

Lontoh, S., dkk. (2022). Metode ceramah interaktif dalam pembelajaran efektif. Jurnal Inovasi Pendidikan, 4(2), 77–85.

Mulyana, D. (2014). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nuraimi, H., dkk. (2024). Strategi komunikasi MC dalam menciptakan suasana interaktif. Jurnal Retorika Publik, 12(1), 33–42.

Pohan, M. (2021). Jenis-jenis komunikasi dalam organisasi pendidikan. Jurnal Administrasi dan Komunikasi Pendidikan, 8(2), 98–110.

Purwanti, L. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi efektif di lingkungan sekolah. Jurnal Edukasi dan Pembelajaran, 7(4), 201–213.

Redhana, I. W. (2019). Keterampilan komunikasi dalam pembelajaran abad 21. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2239–2253.

Sadikin, A., dkk. (2023). Keterampilan komunikasi pendidik dalam menciptakan pembelajaran interaktif. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 17–26.

Shinta Merina Weda. (2020). Public speaking dan psikologi audiens dalam komunikasi pendidikan. Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 99–108.

Soetopo. (2020). Strategi pembelajaran dan komunikasi guru di kelas.

Bandung: Alfabeta.

Suandi, R., dkk. (2025). Peran MC dalam kegiatan publik dan pendidikan.Jurnal Komunikasi Publik, 2(1), 10–18.

Syafira, D., & Sa’i, M. (2025). Teknik dan strategi MC dalam mengelola waktu dan suasana yang efektif. Jejak Digital: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 879–887.

Thahir, R. (2024). Analisis keterampilan komunikasi dan kolaborasi mahasiswa pendidikan biologi. Jurnal Binomial, 7(1), 33–42.

Ummah, A. U., Hakim, D. M., & Hidayatullah, M. F. (2023). Implementasi kegiatan keputrian dalam menumbuhkan kreativitas siswa di SMA Brawijaya Smart School Malang. Vicratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan, 8(3), 244–253.

Yulfitria, F., Fratidhina, Y., Primasari, N., & Kebidanan, J. (2022).

Pemberdayaan divisi keputrian remaja masjid Almasyhuda Bekasi dalam meningkatkan pengetahuan remaja mengenai manajemen menstruasi. Jurnal Pengabdian


Refbacks

  • There are currently no refbacks.