Pengaruh Program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Terhadap Perilaku Ramah Lingkungan Peserta Didik Kelas XI di SMAN 12 Bandar Lampung
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) terhadap perilaku ramah lingkungan peserta didik kelas XI di SMAN 12 Bandar Lampung. Fokus tema P5 yang diteliti adalah “Gaya Hidup Berkelanjutan”. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket yang disebarkan kepada 77 responden, serta wawancara terhadap guru dan peserta didik sebagai data pendukung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program P5 dengan tema “Gaya Hidup Berkelanjutan” memiliki pengaruh yang positif terhadap perilaku ramah lingkungan peserta didik. Peserta didik menunjukkan peningkatan kesadaran dan kebiasaan dalam menjaga lingkungan, seperti mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dengan menggunakan tumblr dan bekal dari rumah, memilah sampah, mengolah kompos dari bahan alami, serta melakukan daur ulang sederhana. Selain itu, wawancara mendukung temuan bahwa integrasi nilai-nilai Pancasila dalam pembelajaran melalui tema lingkungan memberikan dampak nyata terhadap sikap dan tindakan peserta didik dalam kehidupan sehari-hari.
Penguatan Profil Pelajar Pancasila; Gaya Hidup Berkelanjutan; Perilaku Ramah Lingkungan
Full Text:
PDFReferences
Adha, M. M., & Susanto, E. (2020).
Kekuatan Nilai-nilai Pancasila dalam Membangun Kepribadian Masyarakat Indonesia. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan dan Keagamaan, 15(01).
Baro’ah, S., Trisnawati, S. N. I., Ernawati, A., & ... (2023). Kurikulum Merdeka: Inovasi Kurikulum Di Indonesia. Dalam Tahta Media Group.
Choizes, E. (2017). Pengertian Skala Likert dan Contoh Cara Hitung Kuesionernya. Dalam Diedit.Com.
Constantinus, C., Brata, D. W., & Ardaniyati, L. (2022). Green Leadership: Kepribadian Ekstraversi, Kecerdasan Lingkungan dan Perilaku Ramah Lingkungan. Psyche 165 Journal.
Dr. Juliansyah Noor, S.E., M. M. (2017). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi & Karya Ilmiah. Dalam Kencana (Vol. 7).
Fahira, W. R., Lisa, F. M., Dani, P. R., Ria,
N. S., & Wati, M. S. (2022). Persepi Siswa Kelas X Terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran IPS di SMA 1 Bukit Sundi. Jurnal Eduscience, 9(3).
Fajriansyah, I., Syafi’i, I., & Wulandari, H. (2023). Pengaruh Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila terhadap Sikap Mandiri Siswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3).
Hadi, Abd., Asrori, & Rusman. (2021).
Penelitian Kualitatif Studi Fenomenologi, Case Study, Grounded Theory, Etnografi, Biografi. Dalam Banyumas : CV. Pena Persada.
Hafsah, H., & Afni, A. (2021). Pendidikan Kecerdasan Moral Sebagai Penguatan Kepribadian Siswa Era Industry 4.0. Civicus : Pendidikan-Penelitian- Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 9(1).
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1).
Kaiser, F. G., Doka, G., Hofstetter, P., & Ranney, M. A. (2003). Ecological behavior and its environmental consequences: A life cycle assessment of a self-report measure. Journal of Environmental Psychology, 23(1).
Karmilasari, V., Putri, D. S., & Faedlulloh,
D. (2020). Strategi Program Eco-School Dalam Menghadirkan Karakter Peduli Lingkungan. Administratio: Jurnal Ilmiah Administrasi Publik dan Pembangunan, 11(2).
Kemendikbudristek. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Kemendikbudristek.
Kemendikbudristek. (2023). Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Tentang Satuan Pendidikan Pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Tahun Ajaran 2023/2024. Dalam Kemendikbud (Nomor 021).
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Rencana Strategis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2020- 2024. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kurniawan, A, W., & Puspitaningtyas, Z. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Dalam Pandiva Buku.
Lubis, M. U., Siagian, F. A., Zega, Z., Nuhdin, N., & Nasution, A. F. (2023).
Pengembangan Kurikulum Merdeka Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Abad 21 Dalam Pendidikan. Anthor: Education and Learning Journal, 2(5).
Maidiana, M. (2021). Penelitian Survey. Alacrity : Journal of Education.
Maulida, U., Tampati, R., & Binamadani, S. (2023). Gaya Hidup Berkelanjutan Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Nurmalisa, Y., Mentari, A., & Rohman, R. (2020). Peranan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Civic Conscience.
Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn, 7(1).
Piesesa, M. S. L., & Camellia, C. (2023).Desain Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila untuk Menanamkan Nilai Karakter Mandiri, Kreatif dan Gotong-Royong. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(1).
Rohman, R., Suntoro, I., Adha, M. M., & Yanzi, H. (2020). Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Aplikasi Nilai-nilai Karakter Bangsa.
Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn, 7(2).
Sekretariat GTK. (2019). Mengenal Konsep Merdeka Belajar dan Guru Penggerak. Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI.
Sodik, S. S. & M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Dalam Dasar Metodologi Penelitian.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif dan R&D.Bandung:Alfabeta. Dalam Metode Penelitian Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta.
Suherman, A., Jamilah, J., Maskur, M., Hermanto, O., Maulana, A., & Mulyana, W. (2021). Building the Character of Pancasila Students Through the Independent Curriculum. Indonesian Journal of Community Empowerment Wibowo. (2016). Manajemen Kinerja –
Wibowo. Dalam Buku: Vol. edisi 5.
Yanzi, H., Faisal, E. El, Mentari, A., Rohman, R., & Seftriyana, E. (2022). Implementation of the Pancasila Student Profile Strengthening Project in SMA Kategori Mandiri at Bandar Lampung City, Indonesia. Jurnal Pendidikan Progresif, 12(3).
Refbacks
- There are currently no refbacks.


