Perbandingan Hasil Belajar Ekonomi Menggunakan Media Pembelajaran Canva Dan Audiovisual Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Way Jepara
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abubakar, R. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga.
Afifah, N., Tang, J., Zain, S., & Firman. (2025). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Canva terhadap Hasil Belajar Dasar-Dasar Kejuruan Siswa Kelas X APHP UPT SMK Negeri 8 Pinrang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 5(2), 733-742.
Bella, K. T. (2024). Hubungan Antara Minat Belajar Siswa Dengan Hail Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Siswa SDS Amkur Bengkayang. ADIBA: Journal of Education, 4(4), 588-592.
Citradevi, C. P. (2023). Canva sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPA: Seberapa Efektif? Sebuah Studi Literatur. Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 270-275.
Darwis, Atmono, D., Ratumbuysang, M. F., & Hasanah, M. (2024). Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Canva Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MA Ibitidaussalam. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 12(1), 85-91.
Dinia, A. N., & Nurmawati, I. (2020). Pengaruh Minat Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Pada Masa Pandemi di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Tanggul Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 55-56.
Hanim, I., Khulaifiyah, Sairah, Sirdjuddin, M. S., Rachmi, T., Nufus , A. S., . . . Mardiana, D. (2022). Psikologi Belajar. Tanggerang: WADE Publish.
Hayati, H., Ahmad, M. Y., & Harianto, F. (2017). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dengan Minat Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota. Jurnal Al-hikmah, 14(2), 160-180.
Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 3(2), 115-125.
Magdalena, I., Shodikoh, A. F., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., & Susilawati, I. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN Meruya Selatan 06 Pagi. Jurnal Edukasi dan Sains, 3(2), 312-325.
Nugroho, M. A., Muhajang, T., & Budiana, S. (2020). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 3(1), 42-46.
Nurlia, Hala, Y., Muchtar, R., Jumadi, O., & Taiyeb, A. M. (2017). Hubungan Antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 321-328.
Nursyam, A. (2019). Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. EKSPOSE: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan, 18(1), 811-819.
Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 79-96.
Rohayati, Y., Nuryana, & Wijaya, A. K. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Canva Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMPN 2 Susukanlebak Kabupaten Cirebon. Social Pedagogy: Journal of Social Science Education, 3(2), 241-252.
Rosyada, A., Sastrawan, D., & Sari, T. M. (2024). Komparasi Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual dengan Media Konvensional dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Arab. Jurnal Almitsali: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, 4(1), 93-105.
Rupawati, D., Noviani, L., & Nugroho, J. A. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Manajemen Dan Keluarga, 1(1), 21-30.
Safitri, A. O., Yunianti, V. D., & Rostika, D. (2022). Upaya Peningkatan Pendidikan Berkualitas di Indonesia: Analisis Pencapaian Sustainable. Jurnal Basicedu, 6(4), 7096-7106.
Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian. Medan: Penerbit KBM Indonesia .
Saleh, M. S., Syahruddin, Saleh, S. M., Aziz, I., & Sahabuddin. (2023). Media Pembelajaran. Jawa Tengah: CV. Eureka Media Aksara.
Siswanto, M. A., & Susanto, R. (2022). Pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA di sekolah dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 7(3), 522-531.
Susanti, M. (2018). Pengarih Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Melalui Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 1 Siak Hulu. Retrieved from Repository Universitas Islam Riau: https://repository.uir.ac.id/4628/
Ulfaida, K., & Pahlevi, T. (2021). Pengaruh Penggunaan Mesia Pembelajaran Online Terhadap Hasil Belajar Melalui Minat Belajar Siswa Pada Kelas X OTKP di SMKN1 Lamongan. JEUJ: Jurnal Edukasi, 8(2). Retrieved from https://jeuj.jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/26902
Wahyudi, L. E., Mulyana, A., Dhiaz, A., Ghandari, D., Dinata, Z. P., Fitoriq, M., & Hasyim, M. N. (2022). Mengukur Kualitas Pendidikan di Indonesia. Ma'arif Journal of Education, Madrasah Innovation and Aswaja Studies, 1(1), 18-22.
Worldtop20.org. (2022). Retrieved Oktober Rabu, 2024, from Newspaper: Discover The Art of Publishing: https://worldtop20.org/education-database/
Yassha, P. M., Basyirun, F., & Putri, D. A. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Canva Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Fase E Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMAN 3 Solok. Ekonodinamika Jurnal Ekonomi Dinamis, 6(3), 71-77.
Yulianto, R., Pujiati, P., Suroto, S., & Maydiantoro, A. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan E-modul Pembelajaran Berbasis Flipbook Maker Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa. Economic Education And Entrepreneurship Journal, 5(1), 74-84.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Chindy Ayu Tiffani, Pujiati Pujiati, Fanni Rahmawati, Tedi Rusman
Address:
Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1
Bandar Lampung City 35141



.png)

.png)





