Perbandingan Hasil Belajar Ekonomi Menggunakan Media Pembelajaran Canva Dan Audiovisual Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Way Jepara

Chindy Ayu Tiffani, Pujiati Pujiati, Fanni Rahmawati, Tedi Rusman

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar dan perbedaan minat belajar siswa, serta kurangnya penerapan penggunaan media pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang diajar menggunakan media interaktif berbasis canva dan media pembelajaran audiovisual, perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang memiliki minat belajar tinggi, sedang, dan rendah, efektifitas penggunaan media pembelajaran pada siswa yang minat belajarnya tinggi, sedang, dan rendah, serta mengeksplorasi interaksi antara media pembelajaran dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar ekonomi siswa. Metode yang digunakan adalah komparatif dengan pendekatan Quasy Eksperiment dan desain factorial 2x3, melibatkan 68 siswa melalui Teknik Cluster Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, kuesioner, eksperimen, tes dan dokumentasi. Hipotesis diuji menggunakan Two Way Anova dan t-test sample independent. Hasil analisis menunjukan terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi antara siswa yang menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis canva dan media pembelajaran audiovisual, terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi pada siswa yang memiliki minat belajar tinggi, sedang dan rendah. Rata-rata hasil belajar ekonomi siswa yang diajar menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis canva lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar menggunakan media audiovisual pada siswa yang memiliki minat belajar tinggi, sedang, dan rendah. Serta pada penelitian ini, tidak terdapat interaksi antara media pembelajaran dengan minat belajar siswa terhadap hasil belajar ekonomi siswa.

Full Text:

PDF

References


Abubakar, R. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga.

Afifah, N., Tang, J., Zain, S., & Firman. (2025). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Canva terhadap Hasil Belajar Dasar-Dasar Kejuruan Siswa Kelas X APHP UPT SMK Negeri 8 Pinrang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 5(2), 733-742.

Bella, K. T. (2024). Hubungan Antara Minat Belajar Siswa Dengan Hail Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Siswa SDS Amkur Bengkayang. ADIBA: Journal of Education, 4(4), 588-592.

Citradevi, C. P. (2023). Canva sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPA: Seberapa Efektif? Sebuah Studi Literatur. Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 270-275.

Darwis, Atmono, D., Ratumbuysang, M. F., & Hasanah, M. (2024). Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Canva Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MA Ibitidaussalam. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 12(1), 85-91.

Dinia, A. N., & Nurmawati, I. (2020). Pengaruh Minat Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Pada Masa Pandemi di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Tanggul Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 55-56.

Hanim, I., Khulaifiyah, Sairah, Sirdjuddin, M. S., Rachmi, T., Nufus , A. S., . . . Mardiana, D. (2022). Psikologi Belajar. Tanggerang: WADE Publish.

Hayati, H., Ahmad, M. Y., & Harianto, F. (2017). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dengan Minat Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota. Jurnal Al-hikmah, 14(2), 160-180.

Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 3(2), 115-125.

Magdalena, I., Shodikoh, A. F., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., & Susilawati, I. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN Meruya Selatan 06 Pagi. Jurnal Edukasi dan Sains, 3(2), 312-325.

Nugroho, M. A., Muhajang, T., & Budiana, S. (2020). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 3(1), 42-46.

Nurlia, Hala, Y., Muchtar, R., Jumadi, O., & Taiyeb, A. M. (2017). Hubungan Antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 321-328.

Nursyam, A. (2019). Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. EKSPOSE: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan, 18(1), 811-819.

Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 79-96.

Rohayati, Y., Nuryana, & Wijaya, A. K. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Canva Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMPN 2 Susukanlebak Kabupaten Cirebon. Social Pedagogy: Journal of Social Science Education, 3(2), 241-252.

Rosyada, A., Sastrawan, D., & Sari, T. M. (2024). Komparasi Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual dengan Media Konvensional dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Arab. Jurnal Almitsali: Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, 4(1), 93-105.

Rupawati, D., Noviani, L., & Nugroho, J. A. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Manajemen Dan Keluarga, 1(1), 21-30.

Safitri, A. O., Yunianti, V. D., & Rostika, D. (2022). Upaya Peningkatan Pendidikan Berkualitas di Indonesia: Analisis Pencapaian Sustainable. Jurnal Basicedu, 6(4), 7096-7106.

Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian. Medan: Penerbit KBM Indonesia .

Saleh, M. S., Syahruddin, Saleh, S. M., Aziz, I., & Sahabuddin. (2023). Media Pembelajaran. Jawa Tengah: CV. Eureka Media Aksara.

Siswanto, M. A., & Susanto, R. (2022). Pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA di sekolah dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 7(3), 522-531.

Susanti, M. (2018). Pengarih Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Melalui Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 1 Siak Hulu. Retrieved from Repository Universitas Islam Riau: https://repository.uir.ac.id/4628/

Ulfaida, K., & Pahlevi, T. (2021). Pengaruh Penggunaan Mesia Pembelajaran Online Terhadap Hasil Belajar Melalui Minat Belajar Siswa Pada Kelas X OTKP di SMKN1 Lamongan. JEUJ: Jurnal Edukasi, 8(2). Retrieved from https://jeuj.jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/26902

Wahyudi, L. E., Mulyana, A., Dhiaz, A., Ghandari, D., Dinata, Z. P., Fitoriq, M., & Hasyim, M. N. (2022). Mengukur Kualitas Pendidikan di Indonesia. Ma'arif Journal of Education, Madrasah Innovation and Aswaja Studies, 1(1), 18-22.

Worldtop20.org. (2022). Retrieved Oktober Rabu, 2024, from Newspaper: Discover The Art of Publishing: https://worldtop20.org/education-database/

Yassha, P. M., Basyirun, F., & Putri, D. A. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Canva Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Fase E Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMAN 3 Solok. Ekonodinamika Jurnal Ekonomi Dinamis, 6(3), 71-77.

Yulianto, R., Pujiati, P., Suroto, S., & Maydiantoro, A. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan E-modul Pembelajaran Berbasis Flipbook Maker Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa. Economic Education And Entrepreneurship Journal, 5(1), 74-84.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Chindy Ayu Tiffani, Pujiati Pujiati, Fanni Rahmawati, Tedi Rusman

Address:

Building N FKIP University of Lampung

Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1

Bandar Lampung City 35141