MODEL PEMBELAJARAN CTL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SEJARAH SMK GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG

Indra Fitri Yuliana, Ali Imron, Yustina Sri Ekwandari

Abstract


The objectives of this research were to determine the significant influence of CTL learning model in learning activities to increase students motivation and to determine the level of significant influence of CTL learning model  against students’ motivation in learning  history of class X. This research used quantitative data analysis techniques by using hypothesis testing of normality and  data analysis testing used t paired samples test. Based on the result of quantitative data analysis, this model affected the increasing of students' motivation in learning history of class X SMK Gajah Mada. The significant level of this model was shown in the results of determination  levels of 0.48, which means enough.

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran  CTL dalam kegiatan pembelajaran terhadap  peningkatan motivasi belajar siswa dan untuk mengetahui tingkat signifikan pengaruh model pembelajaran  CTL terhadap motivasi belajar sejarah siswa kelas X .Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif dengan dilakukan uji hipotesis normalitas dan uji analisis data menggunakan uji t paired samples test. Berdasarkan  hasil analisis data secara kuantitatif model ini berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada pembelajaran  sejarah kelas X SMK Gajah Mada. Taraf  signifikan model ini ditunjukkan dalam  hasil penelitian  kadar determinasi sebesar 0,48 yang berarti cukup.

 

Kata kunci : ctl, motivasi belajar, pengaruh

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. Rineka Cipta

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamzah.2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta. Bumi Aksara

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor. Ghalia Indonesia.

Hugiono, Poerwantana. 1987. Pengantar Ilmu Sejarah. Jakarta. Bina Aksara

Jonathan. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu

Kesuma, Dharma. 2009. Contextual Teaching And Learning. Yogyakarta.Rahayasa.

Mustaqim, W.A. 1990. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Nasution. 1996. Metode Research. Jakarta: Bumi Aksara

Redaksi Sinar Grafika. 2005. Undang-undang Sisdiknas 2003. Jakarta. Sinar Grafika

Riduwan. 2013. Dasar-dasar Statistika. Bandung: PT Alfabeta.

Sardiman, A.M. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. PT Raja Grafindo.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.