PERBEDAAN PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF

Aulia Gustina Citra, Herpratiwi Herpratiwi, Nurhanurawati Nurhanurawati

Abstract


This  research  is  subjected  to  analyze:  1)  the  interaction between  the cooperative learning and level of learning motivation on the development of students’ achievement  in learning mathematics; 2) the difference between the development  of students’ achievement in learning mathematics through TPS cooperative learning and STAD cooperative  learning. The method used in the research is experiment with a balanced design and use factorial planning 2X2. The study population was all of students in grade XI IPS, amounting to 4 classes.The  result  shows  that:  1) there  is  an interaction between the cooperative learning and students’ learning motivation towards the development of students’ achievement; 2) the average of the development of the students’  achievement  in  learning  mathematics through  TPS  cooperative  learning  is higher than that though STAD cooperative learning.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) ada tidaknya interaksi antara pem-belajaran dan tingkat motivasi belajar dalam peningkatan prestasi belajar matematika siswa; 2) perbedaan peningkatan prestasi belajar matematika siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TPS dan STAD. Metode  yang  digunakan  dalam  penelitian ini  adalah  eksperimen  dengan  desain berimbang dan menggunakan rancangan faktorial 2x2. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS MA Ma’arif Katibung tahun 2011 yang berjumlah 4 kelas. Teknik analisis data menggunakan  Analisis  Varians  dua  jalur  dan  uji  t.Hasil  penelitian  menunjukkan 1) terdapat  interaksi penggunaan pembelajaran  dan  motivasi  belajar  terhadap  prestasi belajar; 2) rerata peningkatan prestasi belajar yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih tinggi dari  pebelajaran  kooperatif  tipe  STAD

Kata kunci: motivasi belajar, pembelajaran kooperatif dan peningkatan prestasi belajar

 


Full Text:

PDF

References


As’ari, Abdurrahman.2003. Pembelajaran Matematika dengan Kooperatif Learning.Makalah

Fajri, Em Zul, dkk. 2003. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Difa Publisher.

Mariana. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta

Mulyasa.2006.KURIKULUM Yang Disempurnakan: Pengembangan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Prawiradilaga, Dewi Salma.2008.Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta:Kencana Prenada Media Group.

Slavin.2008.Cooperatif Learning. Bandung: Nusa Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FUJI188

slot gacor

bandar togel

bandar togel

Slot777

situs toto