PENGARUH KOMPETENSI SOSIAL GURU TERHADAP INTENSITAS HUBUNGAN SOSIAL GURU

Susi Novita, Berchah Pitoewas, Hermi Yanzi

Abstract


This research was aimed at explaining the influence of teacher’s competence to the intensity of teacher’s social relation in SMA Negeri 1 Bangunrejo, Central Lampung in 2014/2015 academic year. This reserch used descriptive quantitative method. The result of this research showed that: (1) the influence of teacher’s social competence (x) dominate to the visible catagory with percentage 75%, (2) the intensity of social relation (y) dominate to the good category with the percentage 66%, (3) the result of this research showed that there was a strong relationship between the influence of social competence to the teacher’s social relation. It means that the more visible teacher’s social competence, it might be the higher teacher’s social relation intensity.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan Pengaruh Kompetensi Sosial Guru Terhadap Intensitas Hubungan Sosial Guru di SMA Negeri 1 Bangunrejo Kabupaten Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) pengaruh kompetensi sosial guru (X) dominan pada kategori nampak dengan persentase 75%, (2) intensitas hubungan sosial (Y) dominan pada kategori baik dengan persentase 66%, (3) hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan yang erat dan kategori keeratan kuat antara pengaruh kompetensi sosial terhadap intensitas hubungan sosial guru, artinya semakin nampaknya kompetensi sosial guru memungkinkan semakin meningkatkan intensitas hubungan sosial guru.

Kata kunci: guru, hubungan sosial, kompetensi sosial.


Full Text:

PDF

References


Kepmendiknas. 2013. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Sinar Grafika.

Kusnandar. 2011. Guru Profesional Implementasi Kurukulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Musfah, Jejen. 2011. Peningkatan Kompetensi Guru: Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana.

Payong, Marseleus R. 2011. Sertifikasi Profesi Guru. Jakarta: Indeks.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Mendiknas.

Soekanto, Soerjono. 2006. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.