PENGARUH PENERAPAN MOVING CLASS TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

citra abdi negari, Berchah Pitoewas, Yunisca Nurmalisa

Abstract


The purpose of this study to explain include of moving class aplications towards learning effectiveness on ten class citizenship education at SMK N 5 Bandar Lampung lesson year 2012/2013. This research method using descriptions method is quantitative. Sample this research 32 respondent. Data analysis using Chi Square.Based on the result show presence significant include between moving class aplications towards learning effectiveness on ten class citizenship education at SMK N 5 Bandar Lampung lesson year 2012/2013. Be evidenced with calculation result using Chi Square formula so that for moving class applications towards learning effectiveness on citizenship education obtainable contingency coefficient C= 0,62 and maximum contingency coefficient  = 0,812. According to these calculations then contingency coefficient C=0,62 in the category of strong. This suggests that include of moving class aplications towards learning effectiveness on ten class citizenship education at SMK N 5 Bandar Lampung lesson year 2012/2013 has a strong influence level of closeness.

Key words : Moving class, learning effectiveness


Full Text:

PDF

References


Ali, Mohammad. 1984. Penelitian Pendidikan Prosedur dan Strategi. Angkasa: Bandung

---------------------.1985. Penelitian Pendidikan Prosedur dan Strategi. Angkasa: Bandung

Arikunto, Suharsimi. 1986. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Bina Aksara: Jakarta

-------------------------. 2001. Manajemen Penelitian. Rineka Cipta: Jakarta

-------------------------. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta: Jakarta

Budimansyah, Dasim dan Suryadi, Karim. 2008. PKN dan Masyarakat Multi Kultural. Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan

Universitas Pendidikan Indonesia: Bandung

BSNP. 2006. Standar Isi Pendidikan Kewarganegaraan SMA/MA

Depdiknas. 2002. Pendekatan Kontekstual. Depdiknas: Jakarta

--------------. 2006. Panduan Pengembangan Pembelajaran IPS Terpadu. Depdiknas: Jakarata

--------------. 2007. Standar Penilaian Pendidikan. Depdiknas: Jakarta

Erik, Ade. 2009. “ Efektivitas Peningkatan Hasil Belajar dengan Menggunakan Multimedia Interaktif Model Drill And Practice Dalam Pembelajaran TIKâ€. Skripsi Jurusan Pendidikan Ilmu Komputer FPMIPA UPI. Bandung: Tidak Diterbitkan.

Erwin, Muhamad. 2012. Pendidikan Kewaraganegaraan Republik Indonesia. Refika Adiatama: Bandung

Hadi, Sutrisno. 1981. Metodologi Research. Yayasan Penelitian Fakultas Ilmu Psikologi UGM: Yogyakarta

---------------. 1986. Metodologi Research. Yayasan Penelitian Fakultas Ilmu Psikologi UGM: Yogyakarta

Harianto,Arif. 2012. www.scribd.com/doc/97768847/Proposal-Ptk-Dasar-Elektronika [ 25 November 2012 Pukul 11:00]

Juknis Pelaksanaan Sistem Belajar Moving Class di SMA.2010

Khaerudin. 2009. http://www.alkausar.org [ 27 September 2012 Pukul 09:00 ]

Komalasari, kokom. 2012. Pembelajaran Kontekstual. Refika Aditama: Bandung

Mahmudi. 2005. Manajemen Kinerja Sektor Publik. UPP AMP YKPN: Yogyakarta

Martinis Yamin. 2012. Desain Baru Pembelajaran Konstruktivistik. Referensi : Jakarta

Muhammad Ali. 1994. Strategi Penelitian Pendidikan. Angkasa: Bandung.

Nurmalina, Komala dan Syaifullah. 2008. Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Labolatoruim Pendidikan Kewarganegaraan.FPIPS.Universitas Pendidikan Indonesia: Bandung

Noor, Dharma Andinandra. 2012. Konsep Efektivitas dalam Pembelajaran. http://dharmabelimbing.blogspot.com/2012/03/konsep-efektivitas-dalam-pembelajaran.html [25 November 2012 Pukul 11:50]

Peraturan Menteri Pendidikan Nasioal No 22 tahun 2006 Tentang Standar Isi

Purwanto. 2008. http://purwanto65.wordpress.com/2008/07/21/moving-class/ [ 27 September 2012 Pukul 10:10]

Rohani, Ahamad. 2010. Pengelolaan Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta

Ronny Prelysia. 2007. http:// Indonesiaschol.org [ 27 September 2012 Pukul 09:10]

Sanjaya, Wina. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group: Jakarata

Segala, Syaiful. 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Alfabeta: Bandung

Setiawan, Hery John. 2010 dalam http://esdikimia.wordpress.com/ssn/panduan-moving-class/comment-page-1/#comment-893 [ 27 September 2012 Pukul 10:00]

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta: Jakarta

Steers, M.Richard. 1985. Efektivitas Organisasi. Erlangga:Jakarta

Sudjana. 1996. Metode Statistika. Trasito: Bandung

Sudjarwo dan Basrowi. 2008. Pranata dan Sistem Pendidikan. Jenggala Pustaka Utama: Jawa Timur

---------------------------. 2009. Manajemen Penelitian Sosial. Mandar Maju: Bandung

Syach, Muhibbin. 2003. Psikologi Belajar. PT Raja Garfindo: Jakarta

Tangkilisan. 2005. Manajemen Publik. PT Gramedia Widiasarana Indonesia: Jakarta

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem

Pendidikan Nasional.

Warsita, Bambang. 2008. Tekhnologi Pembelajaran: Landasan dan Aplikasinya. Rineka Cipta: Jakarta

Wuryan, Sri dan Syaifullah. 2008. Ilmu Kewarganegaraan (Civics). Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan UPI: Bandung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.