PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN KELAS VII SMP NEGERI 3 JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Role Playing dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) kelas VII SMP Negeri 3 Jati Agung, Lampung Selatan. Model pembelajaran Role Playing merupakan salah satu pendekatan pembelajaran aktif yang menekankan pada keterlibatan emosional, sosial, dan intelektual peserta didik melalui permainan peran untuk memahami nilai-nilai moral dan sosial. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain Pre-Experimental One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VII yang berjumlah 30 orang, dengan teknik pengambilan sampel saturated sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji t-test dengan bantuan program SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada hasil belajar PPKn setelah diterapkan model pembelajaran Role Playing, yang ditunjukkan dengan nilai t-hitung (12,469) > t-tabel (2,045) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran Role Playing berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik.
Kata Kunci: Role Playing; Hasil Belajar; PPKn; Pembelajaran Aktif
Full Text:
PDFReferences
Abdul Majid. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.
Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula Press.
Aqib, Z. (2013). Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Yrama Widya.
Anjar, A. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing terhadap Hasil Belajar PKN Kelas X SMK Negeri 2 Rantau Utara. Civitas, 1(1).
Ardiansyah, R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing dan Model Ceramah terhadap Hasil Belajar PKN Siswa Kelas VII MTS Swasta Al-Amin Kampung Pajak. Civitas, 2(1).
Arikunto, S. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Ariwitari, N. M. M. R., Putra, M. K., & Kristiantari, M. R. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar PKN. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).
Bahtiar, R. S., & Suryarini, D. Y. (2019). Metode Role Playing dalam Peningkatkan Keterampilan Bercerita pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 71–78.
Bandura, A. (1977). Social Learning Theory. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.
Budiningsih, A. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamdayama, J. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
Mardiah, S. H. (2015). Implementasi Metode Role Playing dalam Meningkatkan Minat Belajar PAI Siswa. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Misbahudin. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Bermain Peran terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran PPKn.
Jurnal Citizenship Virtues, 1(1). Mulyasa, E. (2019). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo: Nizmania Learning Center.
Nurmalisa, Y., Mentari, A., & Rohman, R. (2020). Peranan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membangun Civic Conscience. Bhineka Tunggal Ika, 7(1), 34–46.
Siregar, E., & Nara, H. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syahfitri, R., dkk. (2023). Pengaruh Model Role Playing dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3).
Tarigan, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 102–112.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge, MA: Harvard University Press.
Refbacks
- There are currently no refbacks.


